SANGAT MENGINGINKAN [KEIMANAN DAN KESELAMATAN] BAGI KALIAN

SANGAT MENGINGINKAN [KEIMANAN DAN KESELAMATAN] BAGI KALIAN

Allahﷻ berfirman:

"Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, amat terasa berat baginya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mu`min." (QS. At-Taubah: 128)

Ibnu Katsir berkata: 'Amat terasa berat baginya penderitaan kalian; yakni terasa berat oleh Beliau sesuatu yang membuat umatnya menderita karenanya. Sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian; yakni sangat menginginkan agar kalian mendapat hidayah dan mendapat manfaat dalam urusan dunia dan akhirat kalian."


Di antara bentuk kepedulian Beliau عليه الصلاة والسلام

- BELAS KASIH BELIAU PADA KAUM WANITA

Rasulullahﷺ bersabda: "Sungguh aku berdiri untuk (mengimami) shalat sedangkan aku ingin memperlama di dalam (shalat) itu. Kemudian aku mendengar suara tangisan anak kecil, maka aku pun mempercepat shalatku karena khawatir akan memberatkan ibunya (si anak kecil yang menangis) tersebut." [HR. Bukhari]

- KEPEDULIAN BELIAU TERHADAP UMATNYA PADA HARI KIAMAT KELAK

Rasulullahﷺ bersabda: "Jika hari kiamat tiba, maka manusia satu sama lain saling bertumpukan lalu Beliau menyebutkan kejadian-kejadian perihal para manusia yang mendatangi Nabi-Nabi- setelah itu Beliau bersabda: "...Mereka pun mendatangiku sehingga aku pun berkata: "Aku memiliki hak akan hal itu, maka aku meminta izin kepada Rabb ku dan aku pun diizinkan, Allah mengilhamiku dengan berbagai pujian-pujian yang aku pergunakan untuk memanjatkan pujian terhadap-Nya, yang mana (pujian tersebut) tidak dihadirkan (diilhamkan) kepadaku saat ini. Lalu aku tersungkur sujud kepada-Nya, lantas Allah berfirman 'Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu, katakanlah engkau akan didengar, mintalah engkau akan diberi, mintalah syafaat (keringanan) engkau akan diberi aku mengiba 'Wahai Rabb ku, umatku-umatku...'" [HR. Bukhari dan Muslim]

- MENYAMPAIKAN HIDAYAH PADA UMATNYA

Rasulullahﷺ bersabda: "Permisalan antara aku dengan permisalan kalian seperti orang yang menyalakan api lalu serangga (belalang dan ngegat) berjatuhan ke api itu sedangkan orang itu selalu berusaha mengusir (serangga) dari api itu. Dan aku telah mencegah kalian agar tidak jatuh ke api, tetapi kalian melepaskan diri dari tanganku." [HR. Muslim]

- MERINGANKAN BEBAN BAGI UMATNYA

Dari 'Aisyah -radhiyallahu 'anha- ia berkata: "Suatu malam Nabi mendirikan shalat 'atamah (isya') sampai berlalu sebagian besar malam dan penghuni masjid pun ketiduran, setelah itu beliau datang dan shalat. Beliau bersabda: "Sungguh ini adalah waktu shalat isya (yang tepat) sekiranya aku tidak memberatkan umatku." [HR. Muslim].

Dan ketika Beliau shalat (sunnah; tarawih) di bulan Ramadhan dan orang-orang pun shalat bersama Beliau. Kemudian Beliau meninggalkan qiyam (shalat sunnah) tersebut pada malam yang keempat. Tatkala shalat fajar, beliau bertemu orang-orang lalu Beliau membaca syahadat kemudian bersabda. "Amma ba'd, sesungguhnya aku bukannya tidak tahu keberadaan kalian (semalam). Akan tetapi aku takut shalat tersebut akan diwajibkan atas kalian, sementara kalian tidak mampu." [HR. Bukhari]

- MENJAGA KEADAAN DAN KEKHAWATIRAN PARA SAHABAT BELIAU

Rasulullahﷺ bersabda: "Sekiranya tidak khawatir bahwa aku akan memberatkan orang-orang mu'min, niscaya aku tidak akan pernah duduk tertinggal di belakang suatu rombongan pasukan yang berperang di jalan Allah. Akan tetapi aku tidak mendapati kelapangan sehinggga dapat membawa mereka, begitu pula mereka tidak mendapati kelapangan sehingga dapat ikut bersamaku (untuk berperang) dan jiwa mereka tidak nyaman untuk duduk-duduk (tidak ikut berperang) sepeninggalku." (HR. Bukhari dan Muslim]

Infografis Annaba

_"Agama Adalah Nasihat"_

Postingan populer dari blog ini

tatacara mandi wajib ( wanita )

keutamaan sholat sunnah rawatib

doa nabi MUSA 'alaihisaalam