Perempuan Berkulit Hitam, Seorang Hamba Sahaya Milik Abdullah bin Rawahah

*Perempuan Berkulit Hitam, Seorang Hamba Sahaya Milik Abdullah bin Rawahah*
       Abdullah bin Rawahah adalah seorang sahabat terkemuka yg memiliki seorang budak perempuan berkulit hitam. Suatu ketika, Abdullah bin Rawahah marah dan menamparnya. Usai kejadian tersebut, Abdullah bin Rawahah menyesal, hingga akhirnya dia datang menemui Nabi Muhammad ﷺ , dan menceritakan apa yang telah dilakukannya kepada budaknya yang berkulit hitam itu.
       Kemudian Rasulullah bertanya "Bagaimana perilaku kesehariannya wahai Abdullah?”, Abdullah bin Rawahah menyampaikan "dia rajin berpuasa, shalat, dan selalu membaguskan wudhunya, bahkan dia juga bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya nabi Muhammad ﷺ adalah utusan Allah".
       Rasulullah ﷺ bersabda "wahai Abdullah bin Rawahah, dia adalah seorang wanita mukmin". Mendengar pernyataan demikian, Abdullah mengatakan "Demi Dzat yang mengutusmu sebagai nabi, aku akan memerdekakan budak itu. Bahkan aku akan menikahinya."

       Tak lama setelah kejadian tersebut Abdullah bin Rawahah pun menikahi mantan budaknya. Ia tak peduli walaupun segelintir orang mengolok-olok bahwa dirinya menikah dengan mantan budaknya tersebut.

*Tambahan*
       Kita semua tau dan sadar bahwasanya Allah tidak pernah peduli dengan penampilan fisik seseorang. Justru hati yang senantiasa bertakwa adalah yang paling Allah senangi. Rasulullah selaku seorang utusan pastinya sangat mengerti akan hal ini, oleh karenanya hal pertama yang ditanyakan beliau setelah mendengar cerita Abdullah bin Rawahah adalah tentang perilaku kesehariannya, bukan penampilan fisiknya.
       Namun seakan kita tak peduli dan lupa perihal hal ini, lalu menjadikan penampilan fisik sebagai tolak ukur dalam berbagai hal, lingkaran pertemanan, pekerjaan, tentu juga pernikahan, dan dalam banyak keadaan lainnya.
       Tak seorangpun bisa memilih dengan rupa seperti apa dia terlahir, namun semua orang bisa memilih dengan hati yang bagaimana ketika hidupnya berakhir, bertakwa ataukah durhaka.

_*Imad al-Hilali - Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an*_

Postingan populer dari blog ini

tatacara mandi wajib ( wanita )

keutamaan sholat sunnah rawatib

doa nabi MUSA 'alaihisaalam