ilmu tidak bermanfaat karna sombong


*SOMBONG DAN RIYA'*

Penyakit yang menimpa ahlu ilmu itu adalah kesombongan. Tidak sedikit orang yang semakin tinggi ilmunya, semakin berderet gelarnya, semakin banyak sanad dan rekomendasinya, semakin meremehkan dan merendahkan orang lain.

Dan penyakit ahlul ibadah itu adalah riya'. Semakin banyak ibadahnya, semakin ingin dilihat dan ingin didengar oleh manusia. Semakin ingin disanjung, dipuja dan dipuji dan ingin menjadi buah bibir masyarakat.

Syaikhul Islam 'Ibnu Taimiyyah rahimahulloh berkata:

وكثير من المنتسبين إلى العلم يُبتلى بالكِبْر كما يُبتلى كثير من أهل العبادة بالشرك، ولهذا فإن آفة العلم الكِبْر، وآفة العبادة الرياء، وهؤلاء يُحرَمون حقيقة العلم.

[كتاب الرد على الشاذلي ص 207]

"Dan banyak orang yang memiliki ilmu yang ditimpa kesombongan, sebagaimana banyak ahli ibadah yang ditimpa kesyirikan. Oleh karena inilah maka sesungguhnya hal yang merusak ilmu adalah kesombongan, sedangkan hal yang merusak ibadah adalah riya', dan mereka ini semua tidak meraih hakekat ilmu."
Sebagaimana firman Alloh Ta'ala:

"Akan Aku palingkan dari ayat-ayat-Ku orang-orang yang menyombongkan diri di muka bumi yang itu merupakan sikap yang tidak dibenarkan." 

--- Al-A'raf: 146 | Kitab Ar-Radd Ala asy-Syadzaly, hlm. 257.


_"Agama Adalah Nasihat"_

Postingan populer dari blog ini

tatacara mandi wajib ( wanita )

keutamaan sholat sunnah rawatib

doa nabi MUSA 'alaihisaalam